SISTEM
KOMPUTER
1.
PENGERTIAN KOMPUTER
Semula
kata 'komputer' berasal dari bahasa Latin computare dan bahasa inggris compute yang
berarti peralatan untuk menghitung. Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan
teknologi, fungsi komputer semakin berkembang tidak semata-mata hanya sebagai
alat hitung. Komputer sekarang dapat digunakan untuk membuat surat, membuat grafik,
bermain music, mengontrol suatu alat / mesin, melakukan transaksi pemesanan barang,
menjelajah ke pusat data di berbagai tempat (internet) dan lain-lain. Secara
umum komputer mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
- merupakan gabungan
dari peralatan elektronik
- mampu menerima,
mengolah, dan menyimpan data
- mampu menghasilkan
informasi sesuai perintah dari program
Jadi secara singkat definisi
Komputer adalah : “Suatu sistem
elektronik yang digunakan untuk menerima, mengolah, dan menyimpan data secara
cepat dan tepat, serta menghasilkan informasi sesuai program yang digunakan. “
2.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)
Komputer merupakan sekumpulan peralatan elektronik yang
saling berkaitan sehingga dapat digunakan untuk memasukkan data, mengolah data
dan menghasilkan informasi. Paling sedikit perangkat sebuah komputer terdiri
dari CPU, monitor, keyboard, mouse, atau yang biasa disebut sebagai Perangkat
Utama Komputer. Sedangkan Perangkat Penunjang (Pelengkap) Komputer antara lain printer,
speaker, scanner, proyektor dll.
Perangkat Komputer terdiri dari
peralatan-peralatan dengan fungsi tertentu. Fungsi dari peralatan komputer
tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
Peralatan Masukan :
- keyboard
- mouse
- scanner.
C P U/Peralatan
Proses :
- processor
- memori.
Peralatan Penyimpanan
- hardisk
- floppy disk.
Peralatan Keluaran
- monitor
- printer
- speaker.
Peralatan-peralatan
komputer berdasarkan fungsinya dapat dibedakan menjadi 5 (lima) macam yaitu :
- Peralatan Masukan
- Peralatan Proses
- Peralatan Penyimpanan
- Peralatan Tambahan /
Pelengkap
- Peralatan Keluaran
A.
Peralatan Masukan
Peralatan ini berfungsi
untuk memasukkan data dari luar ke dalam memori komputer sehingga dapat diolah
menjadi informasi.
Ø MOUSE
Mouse
merupakan alat penggerak kursor yang berguna untuk mempercepat dan mempermudah
proses pekerjaan. Mouse digunakan untuk mengatur perpindahan kursor secara cepat
atau untuk memberikan perintah secara praktis & cepat dalam memilih menu
atau toolbar yang tersedia. Fungsi dan cara penggunaan mouse :
-
Klik Kiri : untuk memilih/menandai aplikasi,
caranya dengan melakukan
klik sekali tombol
mouse sebelah kiri.
-
Klik Kanan :
untuk mengeluarkan menu cepat aplikasi, caranya dengan
melakukan klik sekali
tombol mouse sebelah kanan.
-
Drag Mouse :
untuk blok, caranya dengan menekan dan menahan tombol mouse
kiri sambil menggeser
mouse.
-
Double Mouse : untuk membuka aplikasi, caranya
dengan melakukan klik
dua kali tanpa
menggeser mouse.
Ø KEYBOARD
Keyboard
(papan ketik komputer) merupakan media untuk memasukkan data (huruf, angka,
karakter khusus) atau perintah dari pemakai memalui tombol-tombol yang ada.
Susunan tombol-tombol di keyboard hamper sama dengan yang ada di mesin ketik
biasa. Keyboard digunakan khusus untuk menjalankan atau memasukkan data,
intruksi, atau program ke dalam komputer, serta memiliki tombol-tombol khusus
yang tidak ada pada mesin ketik biasa. Fungsi keyboard antara lain :
- alat memasukkan data
dan instruksi
- membawa sistem
komputer dalam keadaan siap digunakan
Keyboard
yang dijual di pasaran terdiri dari bermacam-macam bentuk dan model, tetapi
fungsi dari masing-masing tombol sama. Tombol yang terdapat di keyboard secara
umum dibedakan menjadi 4 bagian, yaitu :
- Function key : meliputi F1, F2 . . . F12, dimana setiap tombol
mempunyai
fungsi khusus yang
tergantung pada program / software yang digunakan
- Typewriter key: bagian yang terletak di tengah hampir sama dengan
mesin ketik manual
(angka & huruf A-Z) dan tombol tambahan yang tidak
terdapat di mesin ketik
manual (tanda baca dan symbol), serta beberapa
tombol fungsi (Tab,
Capslock, Shift, dll).
-Numeric key : bagian yang terletak di kanan, biasanya berfungsi
sebagai
tombol pengganti
kalkulator. Pengetikan angka baru berfungsi bila
tombol Num Lock
diaktifkan sehingga lampu indikasi Num menyala
- Arrow key: berupa tombol bergambar panah yang berfungsi
memindahkan kursor ke
arah kanan, kiri, atas maupun bawah sesuai
tombol panah yang kita
inginkan
B.
Peralatan Proses
Peralatan
ini berfungsi untuk mengolah dan memproses data. Komponen yang termasuk
peralatan proses antara lain processor dan memori.
Ø PROCESSOR
Processor
merupakan salah satu komponen terpenting dalam CPU yang berfungsi untuk
pemrosesan data / program. Processor inilah yang menentukan jenis atau nama
suatu komputer. Contohnya : Pentium I, Pentium IV, AMD Athlon, dll.
Ø MEMORI
Memori
merupakan salah satu komponen dalam CPU yang dapat membantu kecepatan kerja
komputer dan juga sebagai penyimpan data sementara.
C.
PERALATAN PENYIMPANAN
Peralatan ini
berfungsi untuk menyimpan data, informasi serta program komputer. Yang termasuk
perlatan penyimpanan antara lain :
Ø HARDISK
Hardisk
merupakan salah satu komponen penyusun CPU yang berfungsi untuk menyimpan
data/program secara permanen meskipun computer tidak menyala. Hardisk terbuat
dari bahan aluminium yang dilapisi bahan magnetik. Satuannya adalah MB (megabyte),
GB (gigabyte), TB (terabyte). Contoh kapasitas hardisk : 850 MB, 4.3 GB, 20 GB,
40 GB, 120 GB, dll.
Ø Floppy disk /
Disket
Floppy
disk merupakan alat untuk penyimpan data yang kapasitasnya kecil. Sedangkan
media untuk tempat disket di CPU adalah FDD (floppy disk drive). Namun saat
ini, disket sudah jarang dipakai lagi. Satuannya adalah MB (megabyte) yaitu
1.44 MB dengan ukuran 3.5 inchi.
Ø CD dan DVD
CD
/ DVD merupakan suatu piringan penyimpan data yang kapasitasnya besar. Satuan
CD adalah MB (megabyte) dan DVD adalah Gigabyte (GB). Kapasitas penyimpanan CD
kosong yang dijual di pasaran biasanya 700 MB, sedangkan DVD kosong
kapasitasnya 4.7 GB. CD / DVD sebagian besar bersifat read only (hanya
menyimpan data / tidak dapat dirubah isinya), tetapi ada juga yang fungsinya
sama dengan disket yaitu CDRW / DVDRW.
Ø Flashdisk (USB
drive)
Flashdisk
merupakan alat penyimpan data yang sekarang ini banyak digunakan, tersambung
melalui kabel USB ( ). Flashdisk mempunyai kapasitas penyimpanan bervariasi
dari 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan 4 GB. Alat ini praktis dibandingkan dengan CD
karena ukurannya yang kecil mirip korek gas, dapat menyimpan data yang cukup
besar dan data yang tersimpan juga dapat dirubah atau dihapus.
D.
Peralatan Tambahan / Pelengkap
Peralatan
ini mempunyai fungsi sebagai peralatan tambahan untuk lebih mendayagunakan
komputer. Alat ini biasanya berbentuk kartu (card) dandipasang di dalam CPU.
Jenis peralatan yang bisa dipasang di dalam CPU biasanya disesuaikan dengan
keperluan pengguna komputer. Peralatan tambahan yang biasanya dipasang antara
lain :
-
MODEM : alat untuk menghubungkan
komputer ke jaringan internet
-
USB CARD : alat untuk menambahkan
slot USB
-
TV CARD : alat untuk menghubungkan
komputer ke jaringan televisi
-
CARD READER : alat untuk membaca
kartu memori
E.
Peralatan Keluaran
E.Peralatan ini berfungsi untuk menampilkan informasi
dari komputer. Perangkat komputer yang termasuk peralatan keluaran antara lain
:
Ø Monitor : alat untuk menampilkan hasil pengetikan pemrosesan
data pada suatu layar. Dalam bidang komputer, tulisan atau informasi yang
terlihat di layar monitor dinamakan soft copy. Monitor seperti halnya televisi
jika dilihat dari bentuk tabungnya dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
-
CRT ( ) : ~ model tabung
~ harga relatif lebih murah
~ radiasi yang dipancarkan lebih besar
~ tampilan lebih jelas untuk grafis
-
LCD ( ) : ~ model kristal cair
~
harga relatif masih mahal
~ radiasi yang dipancarkan kecil
~
tampilan lebih jelas untuk teks
Berdasarkan
jenis tombol pengaturan monitor dapat dibedakan menjadi :
-
monitor analog (manual) : tombol pengatur dengan cara diputar
-
monitor digital (otomatis) : tombol pengatur dengan cara ditekan
Ø Printer
Alat
untuk mencetak informasi dari komputer ke media kertas. Dalam bidang komputer,
tulisan / informasi yang tercetak dikertas dinamakan hard copy.
Beberapa
jenis printer yang saat ini masih banyak dipakai antara lain :
-Printer
Dot Matrik : hasil cetakan dalam bentuk titik-titik yang dihasilkan melalui
tusukan jarum menggunakan pita karbon. Contoh : Epson LX300, Epson LX800
-Printer
Ink Jet : proses kerja pencetakan berdasarkan tinta yang
disemprotkan.
Contoh : HP Deskjet, Canon Bubble Jet
-Printer
Laser : mirip dengan mesin fotocopy dan proses cetaknya lebih
cepat
(5 - 20 halaman per menit). Contoh : HP Laserjet, Canon Laserjet
Ø Speaker
Alat untuk
mengeluarkan suara yang dikeluarkan dari komputer.
1.
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE)
Software
merupakan kumpulan perintah terperinci yang diwujudkan dalam bentuk bahasa,
kode, skema atau bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media tertentu
akan mampu membuat komputer bekerja sesuai fungsinya. Software diperlukan oleh
komputer untuk melakukan suatu proses pengolahan data.
Fungsi
software (program komputer) antara lain :
-
sebagai penghubung antara pemakai dan komputer
-
sebagai pemandu agar komputer siap digunakan
-
mengatur agar komputer bekerja efisien
Aplikasi
yang digunakan untuk merubah setting komputer sesuai keinginan terdapat di
kotak dialog Control Panel.
2.
SISTEM BILANGAN
Sistem
Bilangan atau
Number System adalah Suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik.
Sistem Bilangan menggunakan suatu bilangan dasar atau basis (base / radix) yang
tertentu. Dalam hubungannya dengan komputer,
ada 4 Jenis
Sistem Bilangan yang
dikenal yaitu : Desimal(Basis 10), Biner (Basis
2), Oktal (Basis 8) dan Hexadesimal (Basis 16). Berikut penjelesan
mengenai 4 Sistem Bilangan ini :
A.
Desimal (Basis 10)
Desimal (Basis 10) adalah
Sistem Bilangan yang paling umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sistem
bilangan desimal menggunakan basis 10 dan menggunakan 10 macam simbol bilangan
yaitu : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9. Sistem bilangan desimal dapat berupa
integer desimal (decimal integer) dan dapat juga berupa pecahan desimal
(decimal fraction).
Untuk melihat nilai bilangan desimal dapat digunakan
perhitungan seperti berikut, misalkan contoh bilangan desimal adalah 8598. Ini
dapat diartikan :
Dalam
gambar diatas disebutkan Absolut Value dan Position Value.
Setiap simbol dalam sistem bilangan desimal memiliki Absolut Value dan Position
Value. Absolut
value adalah Nilai
Mutlak dari masing-masing digit bilangan. Sedangkan Position Value adalah Nilai Penimbang atau bobot dari
masing-masing digit bilangan tergantung dari letak posisinya yaitu bernilai
basis di pangkatkan dengan urutan posisinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan
tabel dibawah ini :
Dengan begitu maka
bilangan desimal 8598 bisa diartikan sebagai berikut :
Sistem bilangan desimal
juga bisa berupa pecahan desimal (decimal fraction), misalnya : 183,75 yang
dapat diartikan :
B.
Biner
(Basis 2)
Biner
(Basis 2) adalah Sistem Bilangan yang terdiri dari 2 simbol
yaitu 0 dan 1. Bilangan Biner ini di populerkan oleh John Von Neumann. Contoh
Bilangan Biner 1001, Ini dapat di artikan (Di konversi ke sistem bilangan
desimal) menjadi sebagai berikut :
Position Value dalam
sistem Bilangan Biner merupakan perpangkatan dari nilai 2 (basis), seperti pada
tabel berikut ini :
Berarti, Bilangan Biner
1001 perhitungannya adalah sebagai berikut:
C.
Oktal (Basis 8)
Oktal (Basis 8) adalah
Sistem Bilangan yang terdiri dari 8 Simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7. Contoh Oktal 1024, Ini dapat di artikan (Di konversikan ke sistem
bilangan desimal) menjadi sebagai berikut :
Position Value dalam Sistem Bilangan Oktal merupakan
perpangkatan dari nilai 8 (basis), seperti pada tabel berikut ini :
Berarti, Bilangan Oktal 1022 perhitungannya adalah
sebagai berikut :
D.
Hexadesimal
(Basis 16)
Hexadesimal
(Basis 16), Hexa
berarti 6 dan Desimal berarti 10 adalah Sistem Bilangan yang
terdiri dari 16 simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A(10), B(11), C(12),
D(13), E(14), F(15). Pada Sistem Bilangan Hexadesimal memadukan 2 unsur yaitu
angka dan huruf. Huruf A mewakili angka 10, Bmewakili
angka 11 dan seterusnya sampai Huruf F mewakili
angka 15.
Contoh
Hexadesimal F3D4, Ini dapat di artikan (Di konversikan ke sistem bilangan
desimal) menjadi sebagai berikut :
Position
Value dalam Sistem Bilangan Hexadesimal merupakan perpangkatan dari nilai 16
(basis), seperti pada tabel berikut ini :
Berarti, Bilangan Hexadesimal F3DA perhitungannya
adalah sebagai berikut :
Selamat Datang Alif-Arrizqyofficial >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Selamat Datang Alif-Arrizqyofficial >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Selamat Datang Alif-Arrizqyofficial >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK Ax